N I N E Q U A D R A T BY:IIEN SOLIHIN

Tutorial Dasar Adobe Photoshop

  • Ninequadrat
  • Labels: , ,
  • Tutorial Dasar Adobe Photoshop
    www.ninequadrat.com - Setiap akan melakukan sesuatu, hal yang paling penting pertama kali dilakukan adalah membuat perencanaan. Demikian halnya dalam membuat sebuah desain di Adobe Photoshop, yaitu membuat perencanaan suatu Project File misalnya menentukan untuk kebutuhan untuk apa hasil desainnya nanti apakah untuk produksi cetakan (print), untuk produksi TV (film/video), ataukah untuk kebutuhan produksi tampilan LCD/LED Screen (monitor komputer dan handphone). Semua perencanaan itu harus dilakukan agar hasil desain sesuai seperi yang diinginkan, dan yang tak kalah penting adalah perencanaan menentukan ukuran sebuah desain. Tutorial ini merupakan hal yang paling mudah yaitu Tutorial Dasar Adobe Photoshop ini dibuat untuk melengkapi artikel sebelumnya tentang Tips Desain Spanduk Kain Sablon.

    Berikut bahasan mengenai membuat perencanaan desain di Adobe Photoshop. Membuat ukuran lebar 4m dan tinggi 3m di photoshop dengan cara:

    Pilih menu File > New dan pada kotak Width masukan angka 400 dalam artian 400cm = 4m. Lalu pada kotak menu dropdown disebelah kanan ukuran nya diganti menjadi cm. Kemudian pada setting Height (tinggi) masukan angka 300 dalam artian 300cm = 4m. Lalu pada kotak menu dropdown disebelah kanan  juga diganti menjadi cm.

    Kemudian masukan angka Resolution 72, lalu pada menu dropdown sebelah kanannya diisi dengan Pixels/inch. Resolution atau yang bisa disebut juga dengan istilah DPI. Menentukan Resolution atau DPI ini harus menyesuaikan dengan spesifikasi komputer yang dipakai untuk membuat desain. Semakin tinggi angka Resolution nya semakin berat membuat desainnya dan membutuhkan spesifikasi hardware komputer yang tinggi misalnya Processor nya harus tinggi (diatas dual core) dan juga ram nya harus tinggi.

    biasanya jika ukuran desain sudah lebih dari 3 meter gunakan Resolution/DPI 72. Biasanya ini digunakan untuk membuat desain spanduk, backdrop atau sejenisnya. Jika desainnya untuk kebutuhan cetak kertas (poster) misalnya poster dengan ukuran kertas A4, A3, A2 maka Resolution yang digunakan adalah 300 pixels/inch.

    Kemudian sebagai tahap akhir gunakan Color Mode CMYK Color 8 bit, karena CMYK Color biasanya digunakan untuk membuat desain berbentuk cetakan dan jangan gunakan RGB Color, karena RGB Color biasanya digunakan untuk membuat desain pada produk-produk siaran TV atau Video editing. Pada dasarnya bermacam-macam color mode seperti yang ada pada photoshop yaitu Bitmap, Grayscale, RGB Color, CMYK Color dan Lab Color semuanya memiliki fungsi dan kebutuhan nya masing-masing.

    Kesimpulannya sebelum membuat suatu desain, yang pertama kali harus disetting adalah pada saat pembuatan project file nya, yaitu setting awal desain yang bisa ditemukan di menu FILE kemudian pilih NEW setelah semuanya di isi seperti yang tertera pada contoh gambar diatas jangan lupa tekan OK dan mulailah membuat desain.


    Hopefully Useful!
    Post By: Ninequadrat

    1 comments:

    ivan verys mengatakan... Creative Multimedia Design

    Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali ..............





    agen tiket murah

    Poskan Komentar

    Related Posts
    (c) Copyright 2010 Ninequadrat . Blogger template by Bloggermint | Powered by Blogger
    Sponsored by Ninequadrat