N I N E Q U A D R A T BY:IIEN SOLIHIN

Membuat Tulisan Melingkar Pada CorelDraw X4

  • Ninequadrat
  • Labels:
  • Variasi Tulisan Pada CorelDraw

    Di dalam Microsoft Word terdapat fasilitas untuk membuat format teks melingkar. Namun fasilitasnya sangat terbatas. Bila menginginkan hasil yang lebih baik, maka sebaiknya menggunakan CorelDRAW. Pada program CorelDRAW X4, klik menu “Ellipse Tool” di “Tool Box” atau dengan menekan shortcut keyboard F7. Langkah berikutnya, tekan tombol “Ctrl” sambil mengklik mouse di daerah “Drawing Page” dan tarik hingga muncul lingkaran bulat sempurna.

    Selanjutnya klik menu teks yang mempunyai icon huruf A besar lalu arahkan kursor Text Tool atau dengan menekan shortcut keyboard F8 ke bagian pinggir lingkaran yang baru saja dibuat hingga muncul huruf A dengan garis melengkung dibawahnya. Setelah itu bisa mengetik kalimat yang diinginkan.

    Bila tidak puas maka tarik kursor mouse ke teks dan lingkaran, lalu klik menu “Text > Align Text to Path” Bila ingin mengubah bentuk dan besar huruf, bisa menggunakan fasilitas menu “Text > Format Text” atau bila ingin membuat teks masuk kedalam lingkaran dapat merubahnya dengan klik “Mirror Text” pada menu text tool.




    Bila tidak mempunyai CorelDRAW, bisa menggunakan alternatif lain yaitu Microsoft Word. Pada dasarnya Word memiliki fasilitas untuk membuat teks melingkar. Klik menu “Insert > Pictures > WordArt” lalu pilih menu kedua atau ketiga dari baris pertama.

    Kemudian pada jendela “Edit WordArt Text”, bisa menuliskan teks yang diinginkan. Setelah selesai maka akan melihat teks melengkung namun belum melengkung secara penuh. Agar teks tersebut melingkar dengan baik, klik g teks tersebut untuk memunculkan
    menu WordArt dan pilih menu “Format WordArt”. Di dalam jendela “Format WordArt”, klik tab “Size”. Kemudian di bagian “Size and Rotate”, isikan “Height” dan “Width” dengan nilai yang sama misalnya “4.5”. Semakin besar nilai yang diisi semakin melengkung teks tersebut.

    Agar teks benar-benar melingkar dengan baik, klik menu “WordArt Shape” dan pilih menu “Circle (Curve)”. Kini atur besar nilai Height dan Width agar awal dan akhir kalimat tidak saling tindih.


    Semoga bermanfaat!
    Post By: Ninequadrat




    This Article Dedicated to My Students 
    Graphic Design and Animation Class 
    Exelent Program, Daar El Qolam - Banten

    Related Posts
    (c) Copyright 2010 Ninequadrat . Blogger template by Bloggermint | Powered by Blogger
    Sponsored by Ninequadrat